Jumat, 13 Agustus 2010

KEPUTUSAN KITA BISA MENGUBAH MASALALU

8 Fakta tentang Bebe
Sabtu, 14 Agustus 2010 | 04:26 WIB
MANCHESTER, KOMPAS.com - Tanpa awalan, Manchester United (MU) tiba-tiba mengumumkan telah membeli penyerang Bebe dari Vitoria Guimaraes. Ini merupakann kejutan, karena transfer terjadi setelah Alex Ferguson mengaku puas dengan skuadnya dan tak membutuhkan tambahan lagi.

David Gill sudah menjelaskan, meski sudah memantau Bebe sejak lama, MU tak berniat membelinya di bursa transfer ini. Menurut Gill, ide membeli Bebe muncul mendadak dan tuntas hanya dalam waktu sepekan.

Menambahkan itu, Ferguson mengatakan, pembelian Bebe dipercepat karena ada banyak klub menginginkannya. Ia juga mengatakan, "Anda akan menemukan dongeng ketika membaca latar belakangnya. Namun, itu adalah hal yang biasa terjadi, ketika Anda mengidentifikasi potensi seseorang."

Mengingat Bebe bukan pemain yang tak banyak dikenal, seharusnya memang ada sesuatu yang istimewa darinya, sehingga MU memutuskan membelinya dari Vitoria de Guimaraes, klub yang baru dibela Bebe selama lima pekan.

Berikut adalah beberapa fakta tentang Bebe.
1. Bebe tumbuh di Panti Asuhan Casa do Gaiato de Santo Antao do Tojal. Panti asuhan ini menampung anak-anak yang orang tuanya tidak mampu.

Soal ini, Bebe mengatakan, "Aku lebih banyak hidup mandiri. Aku ingat malam-malam di mana aku tidur di jalanan. Ketika Aku melihat apa yang terjadi (bermain untuk MU), ini seperti Cinderella versi dunia olahraga. Semua pengorbanan terbukti tak sia-sia."

2. Bebe bernama asli Tiago Manuel Dias Correia. "Bebe" adalah panggilan kakaknya, yang kemudian diikuti teman-temannya dan itu terus melekat padanya sampai sekarang.

3. Bebe mengenal sepak bola di jalanan. Namun, ia pernah bermain untuk tim anak-anak bernama Loures . Ketika bermain di situlah bakat Bebe terendus Estrela da Amadora, yang kemudian merekrutnya.

4. Bebe bermain di Festival Sepak Bola Jalanan Eropa di Bosnia, 2009 lalu. Di sana, ia mewakili tim Organisasi Tunawisma CAIS dan mencetak 40 gol dari enam pertandingan, lebih tinggi bahkan dari akumulasi gol tim mana pun.

5. Lima pekan lalu, Estrela da Amadora tak mampu membayarnya. Ia kemudian bergabung Vitoria Guimaraes dalam status bebas transfer dan terikat kontrak lima musim dengan klausul pemutusan kontrak bernilai sembilan juta euro.

MU kemudian membeli pemain yang cuma berpengalaman tampil di Divisi Tiga dan beberapa laga persahabatan Guimaraes dan tak bisa berbahasa Inggris ini dengan harga sekitar tujuh juta poundsterling.

6. Ferguson membeli Bebe atas rekomendasi mantan asistennya yang kini menjadi manajer Portugal, Carlos Queiroz. Ferguson ingin menunda pembelian Bebe sampai setidaknya musim depan, tetap pergerakan Real Madrid membuatnya mempercepat rencana pembelian.

Ferguson sama sekali tak bertemu langsung dengan Bebe sampai awal pekan ini.

7. Secara umum, Bebe masih mentah. Namun, ia memiliki beberapa kemampuan dasar menonjol, misalnya mampu berlari cepat, bertendangan kaki kanan bagus, dan bertinggi 1,8 meter. Ia mampu bermain di sektor sayap kiri maupun kanan, di tengah maupun di depan.

Menurut pelatih Estrela de Amadora, Bebe adalah "Pemain yang merupakan buah sepak bola jalanan. Ia belajar di jalanan dan memiliki kreativitas alami, ketidaksopanan, dan semua itu membuatnya berbeda."

8. Karena berusia di bawah 21 tahun, ia bukan masalah bagi MU yang terbebani peraturan Premier League tentang skuad berjumlah 25 pemain. Dengan Danny Welbeck dan Mame Biram Diouf dipinjamkan ke klub lain, Bebe mungkin akan mendapatkan kesempatan bermain. Ajang Piala Carling bisa menjadi arena Bebe unjuk gigi. (DM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.